Besok Senin Atau Kamis Nanti Mau Puasa ? ini Nih Niat Puasa Senin Kamis

Posted on

ang lagi Puasa Senin Kamis

Besok hari senin atau kamis nanti ada niatan mau puasa?  mau ikutan puasa senin kamis seperti orang-orang sholeh kerjakan? tapi belum tau niatnya, Tenangn aja, sebagai sahabat kamu yang baik hati , kali ini caraislam.net akan memberi tahu kamu bagaimana niat puasa senin kamis itu

Kalau kamu sudah terbiasa puasa senin kamis, puasa bulan Ramadhan mah gak ada apa-apanya, walaupun masih tetap lapar dan haus,tapi setidaknya godaan-godaan yang datang bakal lebih mudah kamu lewati

Buat anak kos, Ayo belajar puasa senin kamis. Selain nambah pahala dan  jadi soleh atau soleha bisa menghemat juga 🙂 , secara kamu kan hidup diperantauan yang jauh dari masakan ibumu dan dengan uang saku yang minim

Yang mau diet juga tuh, buat perempuan-perempuan ayo belajar puasa senin kamis. Eh… tapi niatnya jangan buat diet atau kurus ya, tapi buat cari pahala dan menjalankan sunnah Nabi kita Muhammad SAW. Kalo niat kamu buat kurus, kamu gak bakal dapat pahala kan sayang, udah berlapar-lapar dan berhaus-haus siang hari tapi gak dapet pahala.

 

Bacaan Niat Puasa Senin

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعالى

Nawaitu sauma yaumul isnain sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : “Saya niat puasa hari Senin, Sunnah karena Allah ta’ala.”

 

Bacaan Niat Puasa Kamis

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعالى

Nawaitu sauma yaumul khomis sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala

 

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab,

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya : “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya : “Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565).

Terus, Boleh Gak Puasa Hari Senin Saja Atau Hari Kamis Saja?

Mungkin karna ada sesuatu hal yang membuat kamu hanya bisa puasa dihari senin saja atau hari kamis saja, misalnya kamu lihat artikel ini pada hari rabu lalu kemudian besok kamis kamu mau puasa kamis, boleh tidak? Jawabannya Boleh.

لا بأس يفرد الاثنين أو الخميس، فالمنهي عن إفراده الجمعة لقول النبي صلى الله عليه وسلم: “لا تخصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليالي ولا يومها بصيام من بين الأيام” رواه مسلم

Artinya : “Tidak masalah puasa senin saja atau kamis saja. Karena yang dilarang adalah puasa hari jumat saja, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Janganlah kalian khususkan malam jumat dengan shalat tahajud sementara di malam-malam lain tidak, dan jangan khususkan hari jumat dengan puasa, sementara di hari-hari lainnya tidak puasa.” (HR. Muslim)

Yang mau puasa senin kamis, semangat yaahhh. Semoga selalu istiqomah,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *